Pengetahuan adalah hasil dari tahu dan terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap objek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia yaitu indera penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga (Notoatmodjo, 2003).
Pengetahuan ialah segala sesuatu yang diketahui; kepandaian (Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), 2008).
Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (overt behavior). Dari pengalaman penelitian tertulis bahwa perilaku yang didasari oleh pengetahuan akan lebih langgeng dari pada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan .
Pengetahuan dalam domain (faktor) kognitif mempunyai 6 tingkatan sebagai berikut :
1) Tahu (Know)
Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya .
2) Memahami (Comprehension)
Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan untuk menjelaskan secara benar tentang objek yang diketahui.
3) Aplikasi (Application)
Aplikasi diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari.
4) Analisis (Analysis)
Analisis adalah suatu kemampuan untuk menjabarkan materi atau objek kedalam komponen-komponen.
5) Sintesis (Synthesis)
Sintesis menunjukkan kepada suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan bagian-bagian didalam suatu bentuk keseluruhan yang baru.
6) Evaluasi (Evaluation)
Evaluasi yaitu kemampuaan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap suatu materi atau objek.
Pengukuran pengetahuan dapat dilakukan dengan wawancara atau angket yang menanyakan tentang isi materi yang ingin diukur dari objek penelitian atau responden. Data yang bersifat kualitatif digambarkan dengan kata-kata, sedangkan data yang bersifat kuantitatif berwujud angka-angka, hasil perhitungan atau pengukuran, dapat diproses dengan cara dijumlahkan, dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan dan diperoleh persentase, setelah dipersentasekan lalu ditafsirkan kedalam kalimat yang bersifat kualitatif (Notoatmodjo, 2003).
Pengkategorian pengetahuan dikelompokkan sebagai berikut:
1) Kategori baik yaitu menjawab benar 76 % – 100 % .
2) Kategori cukup yaitu menjawab benar 56 % – 75 %.
3) Kategori kurang yaitu menjawab benar dibawah 56 %. (Nursalam, 2008)
Sumber:
Depertemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia
Nursalam. (2008). Konsep dan penerapan Metodologi penelitian ilmu keperawatan, edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.
Notoatmodjo, Soekijo. (2003). Ilmu kesehatan masayarakat prinsip-prinsip dasar. Rineka Cipta, Jakarta.
Tulisan Terkait:
Pendidikan Kesehatan
Sikap



"http://puskesmaskampar.wordpress.com/2010/08/16/pengetahuan/"